Google, Yahoo dan Microsoft

kalo dulu google dan yahoo bersekutu untuk melawan microsoft, sekarang malah sebaliknya yahoo dan microsoft bersekutu untuk melawan google.

Siapa yang tidak kenal google. Hampir semua pengguna internet mengenal google. Google adalah mesin pencari atau search engine terbesar di dunia. Dengan database yang hampir meliputi semua web yang ada didunia, tingkat pencarian yang akurat per kata kunci atau keyword, mesin pencari ini juga terkenal dengan metode adsense nya yaitu memasang iklan di blog aatau web kita dan ketika ada orang yang meng-klik iklan tersebut maka kita akan di bayar sesuai dengan nilai nominal yang sudah ditentukan. Google juga memberikan fasilitas email gratis dgn jumlah kapasitas penyimapanan yang lumayan

Yahoo adalah mesin pencari dan pemberi fasilitas email gratis. Yahoo lahir lebih dulu daripada google tetapi google dapat menggeser pamor keberadaanya. Yahoo sekarang berada di bawah bayang-bayang google, walau pamornya sudah tidak di peringkat pertama tapi keberadaanya masih diperhitungkan dan masih mempengaruhi peta persaingan mesin pencari dan layanan email gratis

Microsoft sendiri penyedia layanan operating system atau sistem operasi yang bisa dibilang hampir menguasai system operasi yang ada di dunia. Microsoft windows adalah sistem operasi yang sangat-sangat terkenal dan familiar. Sistem operasi windows hampir dipakai oleh semua vendor komputer yang ada didunia. Sayangnya windows sendiri adalah sistem operasi yang mahal.

Bisnis mesin pencari memang menggiurkan, apalagi kalo mesin pencari tersebut mempunyai database yang lengkap, mudah pengoperasiannya dan compatible dengan user.  Dengan semakin familiarnya mesin pencari tersebut maka semakin besarlah kemungkinan para vendor untuk beriklan di dalamnya. Tentu yang namanya orang berbisnis profit adalah hal yang utama. Dengan Google sebagai penguasa pasar mesin pencari tentu ini akan membuat pesaingnya berusaha untuk mengalahkannya.

Tahun 2008 Microsoft pernah mengajak yahoo untuk bekerjasama. Alasan microsoft sederhana, untuk mengajak google dengan deal2 sederhana tentunya google akan menolak, tapi untuk mengajak pesaing dari google tentu tidak akan perlu menggunakan deal2 yang rumit. Yahoo sebagai mesin pencari yang akan di support oleh microsoft, dan microsoft sebagai penguasa pasar sistem operasi tentu akan dengan mudah memasukkan yahoo sebagai supporting team ke dalam program windowsny. Disini ada win-win solution di antara kedua belah pihak. Sayangnya rencana tersebut ditolak oleh yahoo yang didukung oleh google.

Entah kenapa di tahun 2009 ini ternyata microsoft berhasil merayu yahoo untuk berkolaborasi, apakah karena yahoo mulai ditinggalkan google? bagaimana dengan bing yang notabene adalah saingan dari yahoo sendiri?

Jujur saya tidak tau jawabannya, tapi yang pasti mereka saling berebut pasar iklan dan tentunya ujung2nya adalah uang.




7 thoughts on “Google, Yahoo dan Microsoft

  1. deteksi

    UUD alias ujung2nya DUIT..

    dan yang diuntungkan adalah kita-kita sebagai pengguna internet karena makin banyak pilihan dalam menggunakan layanan berbagai macam itu..

    Reply
  2. kontes rumahku impianku

    we are not only blogreading but we share about it..

    lam kenal mas .. lama ndak mampir nee… kangen … !! hehehe…

    salam cinta dan damai …
    met bobok
    dan met malem….

    I love u full GOOGLE … merdeka !!!

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *