Sosialisasi Pilkada Surabaya 2010 Untuk Para Penyandang Cacat

KPU surabaya akhirnya melaksanakan sosialisasi tata cara pencoblosan kertas suara dalam pilkada surabaya 2010. Sosialisasi ini dilakukan di universitas kartini di jalan raya nginden. Dalam sosialisasi ini hadir pula Koordinator Pusat Pemilihan Umum Akses Penyandang Cacat Jatim ibu Puri Handayani.

Pilkada Surabaya 2010

Harus kita akui bersama bahwa penyandang cacat memiliki hak pilih yang sama besarnya dengan masyarakat umum lain nya. Negara dalam hal ini Pemkot Surabaya harus berusaha menjaga agar hak pilih saudara-saudara kita ini tetap terjaga dan tidak dipergunakan oleh pihak-pihak tertentu untuk mendongkrak perolehan suara. Pemilihan walikota surabaya 2010 ini harus benar-benar fair, jujur, dan bebas dari politik uang.

Dalam acara itu KPU juga mensosialisasikan tatacara pemungutan suara, cara mencoblos, memperkenalkan siapa saja para calon yang ikut dalam pilkada ini dan yang menarik adalah penggunaan template untuk para pemilih yang tuna netra.

Inilah Template Untuk Para pemilih Tuna netra

Template ini dibuat khusus untuk para tuna netra karena template ini para saudara kita yang tuna netra bisa mengenali para pasangan calon beserta nomor urutnya.  Kok bisa ya? Ya jelas bisa karena tulisan-tulisan di dalam kertas suara diterjemahkan di dalam template ini dengan menggunakan huruf braile.

Template yang ada nama pasangan calon dalam bentuk huruf braile

Bagaimana penggunaan template ini sendiri dalam Pilkada nanti? Saya akan memberikan sedikit gambaran mengenai langkah2nya.

1. Petugas di TPS memasukkan surat suara ke bagian tengah template tersebut.

Petugas TPS memasukkan surat suara ke dalam template

2. Kemudian template yang berisi kertas suara diserahkan kepada pemilih.

Template yang berisi kertas suara diserahkan kepada pemilih

3. Pemilih akan membaca huruf-huruf braile yang bertulisakan pasangan nama calon dan nomor urutnya. Setelah pemilih mempunyai pilihan yang sesuai hati nurani dan tanpa paksaan siapapun, pemilih bisa mencoblos di dalam kotak pada template yang memang disediakan untuk tempat pencoblosan.

Pemilih Membaca huruf-huruf braile untuk mengecek sekaligus membaca informasi yang ada

Mencoblos pada kotak yang disediakan

4.  Ketika Kertas suara itu sudah dicoblos, kemudian kertas suara itu dilipat dan dimasukkan ke dalamm kotak Surat Suara.

5. Dan Proses yang terkahir adalah mencelupkan jari ke dalam tinta.

Itulah tata cara pelaksanaan pencoblosan kertas suara dengan menggunakan template oleh para saudara-saudara kita yang tuna netra. Dan untuk seluruh masyarakat surabaya khususnya yang mempunyai hak pilih hendaknya menggunakan hak pilihnya dengan benar pada tanggal 2 juni 2010 dalam hajatan besar Pemilihan Kepala Daerah Kota Surabaya 2010




9 thoughts on “Sosialisasi Pilkada Surabaya 2010 Untuk Para Penyandang Cacat

  1. Jidat

    Hem. . . Sukses buat para penyandang cacat! Mereka juga memiliki hak untuk memilih dan cara diatas, oke! Jitu!
    Oh iya besuk sy juga udah bisa memilih calon bupati kota reyog. Saya sudah cukup umur! )dance(

    Reply
  2. Blogger Banyumas

    Wuih… apik ngono kuwi. Surabaya ncen jos tenan. Sayange mbien aku mung sedelo neng Surabaya. Walaupun cacat, nanging aspirasi lan suarane je dibutuhne neng Calon Pemimpin. Moga wae, sing dipilih para penyandang cacat kuwi, ra bakalan ngecewana sing milih

    Reply
  3. cieaura

    I really like what you guys are up too. This type of clever work and coverage! Keep up the fantastic works guys I’ve incorporated you guys to blogroll.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *