lagu Indonesia Raya di Sinetron Cinta Fitri Sesion 7

polemik penggunaan lagu kebangsaan Indonesia Raya di sinetron cinta fitri sesion 7 yang disiarkan indosiar mulai berkembang di forum-forum. Ada yang pro dan tentu ada yang kontra. Pada tayangan itu sebenarnya banyak hal2 yang menunjukkan betapa indonesia itu negara besar dan hebat. Beberapa visual juga menampilkan indahnya negara indonesia, bahkan komodo pun tertayang disana. Kembali lagi mengenai pendapat apakah penggunaan lagu indonesia raya sebelum pemutaran cinta fitri 7 ini melanggar undang-undang? akan saya bahas menurut versi saya.

Penggunaan lagu kebangsaan ini sebenarnya udah diatur dalam UU No 24 Tahun 2009 adalah UU tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan. UU ini mengatur diantaranya kapan lagu indonesia raya ini bisa dipergunakan. Saya tidak akan menuliskan semua isi undang-undang ini, tapi saya akan mengambil point2nya yang berhubungan dengan judul di atas

Pasal 59 ayat 2

(2) Lagu Kebangsaan dapat diperdengarkan dan/atau dinyanyikan: a. sebagai pernyataan rasa kebangsaan; b. dalam rangkaian program pendidikan dan pengajaran; c. dalam acara resmi lainnya yang diselenggarakan oleh organisasi, partai politik, dan kelompok masyarakat lain; dan/atau d. dalam acara ataupun kompetisi ilmu pengetahuan, teknologi dan seni internasional.

kalo melihat pada pasal tersebut, yang saya cetak tebal kemungkinan bisa menjadi alasan kenapa cinta fitri 7 menggunakan lagu indonesia raya yang dinyanyikan oleh para pemain pendukungnya. Jika kita melihat cuplikannya akhir lagu ditampilkan visual Saya Bangga menjadi Bangsa Indonesia.

Tapi pada UU No 24 Tahun 2009 pasal 64

Setiap orang dilarang: a. mengubah Lagu Kebangsaan dengan nada, irama, katakata, dan gubahan lain dengan maksud untuk menghina atau merendahkan kehormatan Lagu Kebangsaan; b. memperdengarkan, menyanyikan, ataupun menyebarluaskan hasil ubahan Lagu Kebangsaan dengan maksud untuk tujuan komersial; atau c. menggunakan Lagu Kebangsaan untuk iklan dengan maksud untuk tujuan komersial.

Kalo mengacu kepada pasal 64 ini terlihat bahwa Lagu indonesia raya tidak boleh digunakan untuk kegiatan yang bertujuan komersil. Jika lagu yang dinyanyikan oleh para pemain pendukung cinta fitri 7 ini adalah komersil atau iklan komersil tentu itu sudah melanggar pasal 64. dan hukumannya lumayan berat

Pasal71(1) Setiap orang yang dengan sengaja memperdengarkan, menyanyikan, ataupun menyebarluaskan hasil ubahan Lagu Kebangsaan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 64 huruf b, dipidana dengan pidana penjara paling lama 1 (satu) tahun atau denda paling banyak Rp100.000.000,00 (seratus juta rupiah). (2) Ketentuan ancaman pidana sebagaimana dimaksud pada ayat (1) berlaku juga bagi setiap orang yang dengan sengaja menggunakan Lagu Kebangsaan untuk iklan komersial sebagaimana dimaksud dalam Pasal 64 huruf c.

Trus apakah yang dilakukan oleh para pedukung cinta fitri 7 ini adalah sebuah pelanggaran? menurut hemat saya tinggal dilihat dari sudut pandang masing-masing pihak dan hemat saya kenapa sih musti menggunakan lagu kebangsaan? kenapa tidak menggunakan lagu nasional lain seperti indonesia tanah air beta, atau rayuan pulau kelapa???

Lihat videonya disini

2 thoughts on “lagu Indonesia Raya di Sinetron Cinta Fitri Sesion 7

  1. Ituuuu..barusan saya juga liat di iklan SCTV… menurut anda bagaimana? saya kok marah ya dengernya…kok gitu??? saya suka pernyataan terakhir anda “kenapa sih musti menggunakan lagu kebangsaan? kenapa tidak menggunakan lagu nasional lain seperti indonesia tanah air beta, atau rayuan pulau kelapa???”
    sebaiknya bagaimana ya kita bersikap?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>