Nikon D5100 dan Kelebihannya

Produk baru nikon yaitu Nikon D5100 sudah dirilis oleh nikon corporation.  Jika dilihat spesifikasinya, kamera Nikon yang diperkirakan seharga 8jt-10jt rupiah ini tentunya sangat menggiurkan. Dilihat dari spesifikasi yang ada di web official Nikon, di uraikan spesifikasi andalan dari Nikon D5100. Spesifikasi yang disebutkan disana adalah

1. Nikon DX-format CMOS image sensor resolusi tinggi dan EXPEED 2 image Processing yang sama dengan D7000 . Dengan 16,2 megapixel, Nikon D5100 ini juga dilengkapi dengan HDR (High Dynamic Range) Processor yang dibenamkan dan terintegrasi dengan Shutter Release Button. HDR sendiri bisa dilakukan di Photoshop dan beberapa program HDR Processor. Dengan dibenamkan tehnologi HDR di Nikon D5100 ini tentunya lebih memudahkan pencinta gambar2 HDR untuk mengolah hasil fotonya.

2. vari-angle monitor for better viewing yang berarti monitor view yang bisa dilihat dari beberapa sudut. hal ini bisa dilakukan karena monitor view dibikin fleksibel dengan engsel sehingga monitor ini bisa di gerakkan ke segala sudut. Pengambilan gambar dari sudut yang susah pun bisa dilakukan oleh kamera ini. Teknologi ini bukan tehnologi baru karena beberapa merk DSLR sudah menggunakan teknologi ini beberapa tahun yang lalu.


3.  D-Movie for recording and editing of Full-HD movies. Hal ini memungkinkan Nikon D5100 digunakan untuk merekam video dengan kualitas HD (1920 X 1080p, 30p).  Dengan adanya fasilitas merekam dan editing ini tentunya memudahkan para traveler. Rekam jejak perjalanan bisa di dokumentasikan secara film dan gambar tanpa harus membawa 2 alat bersamaan. Kekurangannya adalah jika harus mengambil gambar danmengambil video bersamaan, tentu akan sangat menyulitkan.

4. The first Nikon digital-SLR camera to offer Special Effects mode, artinya Nikon D5100 adalah seri pertama dari keluarga Nikon yang mempunyai mode spesial efek. Spesial efek yang ditawarkan diantaranya Favorite Special Effects Selective color, Color sketch, Miniature effect, Night vision. Dari keempat spesial efek itu saya tertarik dengan Favorite Special Effects Selective color . Kalo dibaca di web official Nikon corporation, keterangannya adalah

All colors other than those selected by the user are recorded in black and white. Up to three colors can be selected at a time.

Kalo diperhatikan dari keterangan dan gambar yang ditampilkan, sebenarnya ini bukan tehnologi yang baru. tehnologi ini udah dipakai oleh canon beberapa tahun yang lalu.  Canon menamakan tehnologi ini Color-accent dimana beberapa tipe kamera canon (termasuk kamera pocket ) sudah menanamkan tehnologi ini.  Fahmi, Seorang teman dari surabaya sudah mengenalkan kepada saya kemampuan kamera pocket canonnya melakukan Selective color sekitar tahun 2009.  Bisa dibilang tehnologi Favorite Special Effects Selective color Nikon d5100 ini meniru tehnologi dari kamera Canon.

Pendapat pribadi saya Overall Nikon D5100 ini memudahkan untuk bereksperimen.  Beberapa kemampuan olah digital yang biasanya harus dilakukan oleh third party software, skrg sudah ditanamkan secara langsung di Nikon D5100. Sekali lagi kamera hanya penunjang, kemampuan menghasilkan gambar yang bagus kembali lagi kepada penggunanya.

————————————————————————————

semua gambar diambil dari web official Nikon Corporation

3 thoughts on “Nikon D5100 dan Kelebihannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>