Anti Spam dan Captcha

Pentingnya Anti Spam

Apakah Spam Itu?

Menurut Wikipedia Spam adalah

Spam in blogs (also called simply blog spam or comment spam is a form of spamdexing. (Note that blogspam has another, more common meaning, namely the post of a blogger who creates no-value-added posts to submit them to other sites.) It is done by automatically posting random comments or promoting commercial services to blogs, wikis, guestbooks, or other publicly accessible online discussion boards. Any web application that accepts and displays hyperlinks submitted by visitors may be a target.Adding links that point to the spammer’s web site artificially increases the site’s search engine ranking. An increased ranking often results in the spammer’s commercial site being listed ahead of other sites for certain searches, increasing the number of potential visitors and paying customers.

Hampir semua blogger terutama yang suka berselancar di dunia maya pernah mengalami masalah dengan spam. Kerepotan terjadi jika ternyata spam yang datang bertubi2, kita musti menghapusnya satu persatu kecuali bila anda memang membiarkan spam itu bercokol di blog anda. Sebenarnya untuk mesin wordpress sendiri sudah menyediakan plugin akismet untuk menangkap spam komen, sayangnya akismet sendiri sekarang sudah tidak terlalu efektif karena para spammer sudah menemukan metode untuk mensiasatinya.

Darimana datangnya spam?

Spam sendiri bisa datang darimana saja. Selain untuk promosi, spam biasanya digunakan untuk mencari backlink. untuk blog atau spam comment ada beberapa faktor dimana spam akan datang.

1. Sering mensubmit blog pada situs free backlink

2. Blog yang dofollow, karena spam biasanya digunakan untuk mencari link

3. Blog dengan plugin commentluv

4. Blog dengan keywordluv

dan masih banyak lagi

Metode apa yang digunakan untuk mencari blog yang berpotensi untuk di spam?

Banyak cara yg bisa digunakan, Metodologi yang paling sering digunakan adalah dengan menggunakan kemampuan google untuk mengidentifikasi sebuah blog/web. Google bisa memberikan semua informasi yang kita butuhkan dengan memasukkan beberapa kata kunci dalam pencariannya. Kemampuan google ini kemudian digunakan oleh para pembuat program untuk membuat sebuah program yang bisa mengumpulkan semua informasi itu. Program yang bisa “scraping” blog2 yang berpotensi untuk di spam diantaranya adalah

1. SenukeX

2. Scrapebox

3. Sick Submitter

4. Dll

Dan serunya adalah semua program2 spammer ini sudah dilengkapi dengan fasilitas anti-antispam atau bisa disebut decaptcha.

Apa itu decapthca atau anti-anti spam

Secara garis besar anti spam yang sering digunakan adalah captcha yang dibuat untuk mengatasi spam berbasis karakter, dan untuk memverifikasinya sebagian besar dari captcha yang beredar saat ini adalah dengan diketik ulang di kolom yang sudah disediakan. Cara inilah yang digunakan oleh pembuat anti captcha atau anti-anti spam untuk menjebol verifikasi tersebut. Apapun jenis pertanyaan, model, bentuk tulisan dll selama masih mengetikkannya untuk verifikasi akan berpeluang untuk dijebol. Program atau software untuk menjebol inilah yang sering disebut decaptcha atau decaptcher. Tidak sulit untuk mencari layanan atau program anti-anti spam ini, ketikkan saja kata kunci decaptcha di google dan ada jutaan hasil pencarian.

Memilih Anti Spam

Memilih anti spam untuk mengatasi spammer gampang-gampang susah. Blog ini sendiri sudah berkali-kali ganti captcha. Dari yang sekedar tulisan biasa, memilih angka atau kombinasi angka dan huruf dalam barisan huruf, sampai pada captchca dengan tulisan typografi dll. Banyak metode dari pembuat anti spam ini yang digunakan sebagai verifikasi. Jika anda menggunakan mesin wordpress, kemudian masuk ke dalam tool plugin dan dilanjut dengan mencari plugin anti spam dengan kata kunci captcha maka akan didapatkan hasil yang sangat banyak dan bermacam-macam.

Dari mencoba-coba captcha atau anti spam ini, saya mendapatkan kesimpulan bahwa selama captcha masih menggunakan metode penulisan karakter maka potensi spam untuk masuk ke dalam komen postingan masih sangat besar. Kemudian saya mencoba mengunakan captcha yang berupa gambar dan tidak perlu mengetikkan karakter. Blog ini sekarang menggunakan sweetcaptcha yang metodenya adalah melihat perintah untuk mengeser gambar yang dipilih. Hasil dari pemasangan ini sampe skrg belum ada 1 pun spam yang masuk.

Apakah temen-teman Punya pengalaman dengan spam? anti spam apa yang teman2 gunakan?




8 thoughts on “Anti Spam dan Captcha

  1. aRuL

    iya sih, tapi anti spamnya jangan ribet dong mas, yg mudah dimengerti 😀

    *eh dari kemaren sy drag yg benar tetap ngak bisa submit lho, kalo koment ini masuk berarti untung*

    Reply
  2. efahmi

    nek model blogku ngene sante ae… suwe nggak update, sepi posting, sepi komen pisan. nek nyempam mrono yo percuma, spam nggak payu wekekekekkk :p

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *