Ditemukan Malware pada Android Dari Android Market

Sebuah perusahaan sekuriti internet menemukan malware pada android yang menginfeksi melalui aplikasi di android market.

The Lookout Security Team has identified a new variant of DroidDream Light found in the Android Market, which Google already removed from the Android Market.  Fortunately the malware was available in the Android Market for a short period of time so the number of downloads was limited to 1000 – 5000. This is the third iteration of malware likely created by the authors of DroidDream; the first was discovered in early March (the original DroidDream) and the second in early June (DroidDream Light).

Aplikasi yang berisi malware pada android

Malware pada android ini menyerang melalui Empat aplikasi di Android Market yang diterbitkan oleh pengembang bernama “Mobnet”. Aplikasi ini ditemukan mengandung malware yang hampir identik dengan DroidDreamLight(DDL). Aplikasi yang dicurigai mengandung malware ini adalah

  1. Quick FallDown
  2. Scientific Calculator
  3. Bubble Buster
  4. Best Compass & Leveler
ini dapat dipastikan bahwa pengguna android yang mengunduh dan mengaplikasikan 4 aplikasi di atas telah terkena malware yang berisi trojan ini. Coba anda ingat2 apakah anda termasuk salah satu pengguna android yang telah mengunduh a[plikasi di atas dari android market dan telah menggunakannya?
Selain Lookout security, Fortinet juga merelease bahwa ZeUs gang juga telah menargetkan android sebagai sasarannya. Yang menjadi target adalah online banking. Selain itu sebuah malware bernama HippoSMS juga telah menyerang android melalui android market.

Malware pada android akan menjadi momok menakutkan

Dari kejadian di atas, dapat dilihat bahwa dengan semakin pesatnya pengguna android, memancing para programer jahat mencari cara untuk menginfeksinya. Dengan kejadian ditemukannya malware pada android yang berasal dari aplikasi yang tersedia di android market, artinya open source juga menjadi sasaran para programer jahat. Disini kita perlu waspada, perlu berhati-hati dan melindungi setiap perangkat mobil kita terutama yang berbasis android. Ke depan bukant idak mungkin makin banyak programer jahat yang akan menyerang android, apalagi dengan kejadian di atas terlihat bahwa android market yang notabene di bawah pengawasan google masih saja kecolongan.

Menghindari Malware pada android

  • Hanya Mendownload aplikasi dari pengembang yang terpercaya. Jangan pernah mengabaikan atau malas melihat nama pengembang, review atau rating dari aplikasi itu
  • Selalu melihat hak akses sebuah aplikasi. Gunakan logika bahwa hak akses yang diminta sesuai dengan aplikasi yang akan kita jalankan. Jika sebuah aplikasi game meminta akses untuk email, ini patut diwaspadai.
  • Cermati perilaku atau kebiasaan tidak lazim perangkat anda. Misal: mengirim sms ke nomor yang tidak kita kenal, perangkat menjadi lambat, dll
  • Carilah aplikasi keamanan dari pengembang ati virus dan anti malware terkemuka. Selalu scan setiap aplikasi yang kita unduh. Dengan cara ini kita meminimalisir masuknya malware pada android kita.

Mulailah melindungi perangkat anda, kebanyakan malware digunakan untuk mencuri data-data anda. Bisa data email ataupun data e-banking. Mulailah mengantisipasi masuknya malware pada android anda.




3 thoughts on “Ditemukan Malware pada Android Dari Android Market

  1. Didiet

    Asal jangan menyalahkan model pengembangan open source aja, yang patut diasalahkan adalah orang yang menyalahgunakannya, bukan sistemnya

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *