Hasil Photo Kamera Handphone Apakah Yang Terbaik

by mbah sangkil on July 1, 2011

Hasil photo kamera handphone apakah yang terbaik?

Memotret atau mengambil gambar dengan kamera handphone gampang2 susah. Gampangnya adalah kalo kita menggunakan handphone dengan megapixel tinggi dan fitur yang bervariasi. Susahnya jika kamera handphone kita hanya mempunyai megapixel di bawah 2. Secara teknis tentunya kamera handphone dengan megapixel yang tinggi akan menghasilkan gambar berkualitas dibandingkan dengan kamera handphone berpixel rendah.

Pendapat di atas adalah pendapat saya sebagai orang awam, tapi sebenarnya mengambil gambar dengan kamera handphone itu tidak mudah, banyak faktor yang harus diperhatikan juga. Dari mulai pencahayaan sampai pada sudut pandang. Seorang teman yang bernama kang Blontankpoer yang juga tukang potret handal menceritakan bagaimana susahnya mengambil gambar dengan kamera handphone. Susah dalam hal teknis dan susah dalam “bagaimana seharusnya” menjadi pengambil gambar.

“Motret memang mudah. Kamera handphone saja kian canggih, menyaingi kamera saku digital. Kamera  SLR apalagi. Jenis/seri untuk pelancong saja sudah sedemikian rupa, apalagi yang masuk kategori kamera untuk profesional. Sayang, peralatan yang kian canggih dengan harga terjangkau tak diimbangi pemahaman akan etika memotret.” -Blontankpoer-

Oke kita lanjut lagi ke pokok permasalahan yaitu handphone apa yang menghasilkan gambar/photo yang terbaik. Sebenarnya kalo dibilang terbaik ini absurd, karena yang namanya cita rasa, masing2 individu tentunya berbeda-beda. Tapi kali ini kita bahas secara tehnis dan hasil pengambilan gambar.

Perbandingan hasil photo kamera handphone

Jadi ceritanya saya sedang merambah jagad maya dan saya melihat-lihat produk gadget terbaru terutama handphone. Maklum namanya orang ndeso kadang kepingin tau juga produk2 anyar yang akan dan sudah beredar. Kalo untuk urusan memilikinya ya nunggu restu dari sang pencipta aja.

Ketika sedang berselancar ternyata di salah satu situs gadget terbesar di dunia yaitu cnet.com, saya tertuju kepada sebuah halaman di webnya. Halaman itu di desain khusus dengan kemampuan membandingkan hasil foto dari kamera handphone yang menurut situs itu mempunyai kamera terbaik. Kita diberi kebebasan memilih untuk membandingkan apa vs apa. Dari iPhone sampe Nokia tersedia disana tentunya dengan spek yang sudah ditentukan oleh mereka dan dianggap mewakili.

Gambar diambil langsung dari web aslinya disini

Kamera Handphone Terbaru

Sambil Membanding2kan satu produk dengan satu produk yang lain saya juga sambil mengunjungi web2 lainnya. Ternyata di salah satu web mengupdate berita tentang hasil Nokia N9 camera phone . Di web nya ditampilkan banyak hasil foto dengan berbagai objek dan sudut pandang.  Sayangnya Pengambil foto tidak menampilkan hasil foto pada malam hari atau sedikit sinar matahari. Pada dasarnya hampir semua kelemahan dari kamera handphone adalah ketika dipakai mengambil gambar pada malam hari atau minus sinar matahari. Selain karena built in flash dengan kekuatan yang kecil juga kemampuan lensa dalam menangkap sinar pada malam hari sangat kurang.

Untuk gambar lainnya bisa dilihat disini

sedangkan kemampuan Kamera Handphone Nokia N9 adalah

  • Industry-first imaging sensor which is FULLY optimised for BOTH 16:9 AND 4:3 images
  • Industry-leading Carl Zeiss optics
  • Super wide-angle optics – the widest in the industry. Up to as much as 60% more viewing area than other broadly comparable devices
  • f/2.2 aperture – largest ever in a mobile device
  • Extremely responsive, especially switching from stills to video and vice-versa and shot to shot
  • Touch AF for both video and stills
  • Full time continuous AF in BOTH video and stills plus face detection
  • HD video with stereo audio (still one of very few devices that provide high quality audio recording in video)
  • Seamless workflows optimised for speed or editing & sharing
  • Zoom in to images directly in the post capture view, edit and share all without leaving the camera – the most seamless mobile imaging experience
  • Non-destructive editing of images – go back to the original image at any time. Undo or redo edits even months later
  • New high power dual LED flash – 20% more powerful than our previous most powerful LED flash despite its compact size
  • Geo tagging with place names rather than just co-ordinates
  • AMBR – Automatic Motion Blur Reduction
  • Not forgetting the touch to share of images between handsets using NFC technology

Menarik juga kamera N9 tapi cobalah berpikir ulang untuk membeli handphone ini jika hanya untuk memotret. Lebih baik budget nya dipakai untuk membeli kamera saku atau DLSR yang sekarang harganya semakin murah. Kalo soal kemampuan kamera saku bahkan DLSR gak akan bisa dikalahkan dengan Kamera Handphone merek apapun.

{ 4 comments… read them below or add one }

1 aRuL July 1, 2011 at 11:37 pm

koq ganti theme mbah?

yah tetap yg bagus sih SLR mas.

sy ngiler liat N9 itu, beberapa teman pake bikin mupeng setengah mati :D

Reply

2 mbah sangkil July 2, 2011 at 6:52 pm

iyah rul, lagi bongkar2 banyak yang aneh2

Reply

3 aRuL July 7, 2011 at 10:12 pm

eh ngoment lagi ah, eh etika memotret ada juga? wuidih :D

Reply

4 pengamat politik January 6, 2012 at 8:51 pm

Mbah, kayaknya Xperia Arc perlu di review juga. kameranya superior loh, best camera phone in europe 2011

Reply

Leave a Comment

Previous post:

Next post: