Kebebasan berekspresi di Internet Terancam Kembali

Masih ingat dengan ibu Prita? seorang ibu yang berhadapan dengan hukum karena keluhan pelayanan sebuah rumah sakit swasta. Ibu ini disangkakan melakukan pencemaran nama baik oleh instansi yang dikeluhkan. Keluhan ibu Prita ditulis dalam sebuah surat elektronik yang kemudian dikirimkan ke salah satu portal berita. Disinilah mulai terjadinya ancaman terhadap kebebasan berekspresi di internet. Pasal yang dikenakan kepada Ibu Prita salah satunya adalah Pasal 27 ayat 3 UU ITE. Ancaman Ini akhirnya melahirkan gerakan sosial Koin Keadilan.

Pasal 27 ayat 3 UU ITE adalah pasal karet, yang mana pasal ini dapat membuat seseorang kehilangan hak untuk berkeluh kesah via elektronik. Kalo dikaji dan dilihat sebenarnya pasal ini juga bertentangan dengan UUD45 pasal 28 yang berbunyi:

Kemerdekaan berserikat dan berkumpul, mengeluarkan pikiran dengan lisan dan tulisan dan sebagainya ditetapkan dengan undang-undang.

pasal 27 ayat 3 UU ITE juga bertentangan dengan UU Perlindungan konsumen. Bagaimana bisa seorang pasien yang mengeluh mengenai pelayanan yang diterimanya kemudian dilaporkan sebagai pencemaran nama baik?

Saat ini Mahkamah Agung yang tidak agung sama sekali telah menerima PK penuntut umum, dan menyatakan bahwa Ibu Prita dinyatakan bersalah kembali. kenapa saya tekankan pada kata kembali? karena ibu prita pernah divonis bebas, bebas dari segala sangkaan yang diterimanya. Di tengah kasus bangsa yang sangat krusial seperti korupsi, kursi haram, surat palsu MK sampai pada kasus2 lama seperti century dan tersangka koruptor yang melarikan diri keluar negeri mendadak MA membuat sebuah putusan kontroversial. Aroma busuk pengalihan isu pun mulai tercium baunya.

Oleh sebab itu, kita sebagai pengguna internet akan sangat terancam dengan apa yang dilakukan oleh MA. Pasal 27 UU ITE ayat 3 bisa mampir kepada siapa saja pengguna dan penikmat dunia maya. Bagaimana sikap kita sekarang mengenai Kebebasan Berekspresi di internet yang mulai di “jegal”. Apa opini anda? silahkan tulis opini anda bagaimana seharusnya kita menyingkapi kebebasan berekspresi ini. Tulis pendapat anda dan ikutkan pada :

Lomba Semi Seo Kebebasan Berekspresi (di) Internet. 

 

Lomba yang diadakan oleh internet sehat ini mengajak anda untuk menulis opini tentang kebebasan berekspresi di internet. Tulisan anda bisa diikutkan pada lomba semi seo, dan berkesmpatan mendapatkan  salah satu hadiah yang disediakan. Lumayan lho hadiahnya..

Untuk keterangan lebih detilnya mengenai lomba ini, bisa anda lihat DISINI




3 thoughts on “Kebebasan berekspresi di Internet Terancam Kembali

  1. 9ede

    aneh ya, kaget juga kasus lama diungkit lagi, kasihan ibu prita jadi korban pengalihan isu…
    centurynya malah dikubur nazarudin hilang di neraka…

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *