Membuat Gambar Vector menggunakan Coreldraw

Membuat gambar vector bisa dilakukan dengan software vector magic, bisa juga dengan corel draw. Membuat vector dengan corel draw sebenarnya tidak terlalu sulit, hanya membutuhkan kesabaran dan ketelitian serta daya imajinasi si pembuat. Tehnik-tehnik yang digunakan juga menyesuaikan tergantung kebutuhan. Tapi ada tehnik dasar yang harus dikuasai oleh pembuat untuk mengubah gambar bitmap menjadi vector. Kali ini saya akan memberikan sedikit tutorial dasar membuat gambar vector.

Untuk membuat gambar vector, pengguna harus menguasai dulu tehnik2 dasar tracing. Tehnik ini digunakan untuk  membagi bagian2 dari gambar yang akan dibuat vector. Tracing menjadi bagian yang sangat vital karena disinilah kita diharuskan teliti untuk melihat detil gambar. Semakin teliti kita melihat detil gambar, semakin bagus hasil yang akan didapat

Tahap Awal Membuat Gambar Vector

1. Tentukan gambar yang akan kita buat vector. Usahakan Gambar dalam ukuran besar agar detil makin terlihat. Setelah kita menetukan gambar, gunakan fasilitas import pada corel draw. Fasilitas ini berfungsi untuk memasukkan gambar bitmap ke halaman kerja corel draw. Disini saya menggunakan gambar batman sebagai contoh

2. Setelah kita mengimport gambar tersebut, kita akan tracing gambar itu dengan bezier tool. Fungsi dari bezier tool sendiri adalah untuk menentukan awal dan akhir sebuah detil. Titik-titik sebuah detil gambar akan kita tracing ulang.

3. Buatlah garis detil dari awal gambar sampe akhir gambar. Ingat titik awal tracing nantinya menjadi titik akhir tracing sehingga hasil yang didapatkan merupakan sebuah bidang yang tersambung. Apabila tracing tidak menutup sempurna, maka membuat gambar vector gagal.

Tahap Kedua Membuat Gambar Vector

1. Setelah kita membuat trace line dengan menggunakan bezier tool, tahap berikutnya adalah membentuk trace line itu sesuai dengan gambar bitmap yang akan kita jadikan vector. Untuk melakukan ini kita menggunakan shape tool seperti pada gambar disamping. Fasilitas Shape tool salah satunya adalah convert line to curve.

2. setelah kita klik shape tool, kemudian kita Klik tracing line. Converting line to curve bisa dilakukan per sub line/garis bisa juga dilakukan secara kseluruhan. Hal ini tergantung seberapa banyak bentuk kurva pada gambar yang akan kita jadikan vector. Pada contoh ini saya melakukan untuk keseluruhan. Hasil yang didapat adalah munculnya tanda kotak di setiap sudut tracing line.

3. Setelah kita mengaktifkan shape tool, saatnya kita menggunakan fasilitas convert line to corve. Dalam posisi tracing line aktif kita klik convert line to curve tool. Ikon atau tanda gambar tool ini bisa dilihat pada gambar disamping.

4. Setelah kita mengaktifkan convert line to curve, saatnya kita membentuk tracing line sesuai dengan bentuk asli gambar. Caranya adalah dengan meng klik tracing line terus dan digeser2 disesuaikan dengan bentuk outline gambar. Ketelitian menyesuaikan tracing line dengan outline gambar menentukan baik buruknya hasil akhir dari duplikasi gambar tersebut.

Tahap akhir membuat gambar vector

1. Setelah semua tracing line dibentuk sesuai dengan outline gambar, saatnya melakukan finishing touch atau penyesuaian akhir. Klik gambar bitmap atau gambar aslinya kemudian di geser. Setelah digeser akan terlihat hasil dari tracing line kita.

2. Aktifkan line itu dengan meng klik nya sekali. Setelah aktif silahkan beri warna yang sesuai. Bisa sama dengan warna aslinya atau warna yg kita inginkan. Selesailah sudah membuat gambar vector kita.

3. Untuk Melihat perbedaan gambar vector dengan gambar bitmap bisa menggunakan view-wireframe tool.

Demikianlah tutorial untuk pemula tentang membuat gambar vector, Jika ada pertanyaan bisa dikolom komen atau kirim email ke gandhi8th@gmail.com

10 thoughts on “Membuat Gambar Vector menggunakan Coreldraw

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>