Nasib Firebug Extension pada Mozilla Firefox

Firebug Extension Team

Nasib Firebug Extension pada Mozilla Firefox sedang diujung tanduk. Hal ini dikarenakan salah satu pembuatnya yang paling berperan penting yaitu John J. Barton tidak lagi bekerja untuk Mozilla tapi bergabung dengan google chrome browser team.

Berita ini dilansir oleh cnet.com

“Monday, I start work on next-gen Web dev tools at Google on the Chrome browser team. Consequently I will no longer be contributing routinely to the development and maintenance of Firebug for Firefox,” John J. Barton told members of a Firebug mailing list

Kelanjutan Firebug Extension

karena firebux extension sendiri dikembangkan secara team di mozilla, tentunya pengembangan akan terus dilakukan, cuma memang akan sedikit berbeda ketika John Barton masih ada karena dia adalah team leader atau pemimpin. Firebug sendiri adalah salah satu extension firefox yang sangat populer di kalangan web programmer. Firebug memudahkan para web development untuk mengedit template atau css dari themes web yang mereka buat. Jika karena hal ini kemudian pengembangan firebug terhenti. tentunya sangat mengecewakan pengguna sekaligus membuat pemakai firefox akan menurun. Masih sangat dini untuk menentukan nasib Firebug extension saat ini. Tapi yang sudah pasti dan sudah jelas adalah persaingan antar browser akan sangat ketat.

Firebug Extension Pada Chrome

Firebug sendiri sebenarnya sudah mengeluarkan firebug extension untuk versi chrome. Saya tidak mengerti juga mana yang lebih gampang digunakan karena saya tidak mengerti kode html jadi jarang menggunakan. Beberapa teman pembuat web lebih senang menggunakan firebug extension untuk firefox. Padahal secara kinerja browser chrome lebih ringan daripada browser firefox menurut pengalaman saya. Tapi jangan salah juga, saya sering mengalami masalah pada chrome ketika sebuah web mengaktifkan program pendukung seperti flash player. Apakah ini yang menyebabkan tidak nyaman menggunakan firebug extension di chrome? Saya tidak tau.




5 thoughts on “Nasib Firebug Extension pada Mozilla Firefox

  1. mursid

    waduuh…jangan sampai firebug berakhir di firefox… itu senjata paling penting nggo gaweanku…
    kalo firebug yang di crhome yang sekarang masih banyak kekurangan.. terutama padaham pengeditan kode dan view elemen yang lebih spesifik belum bisa..

    Reply
  2. iskandaria

    Wah, saya baru tau kabar tersebut. Namun saya sendiri sudah lama tidak menggunakan Firebug semenjak hijrah ke Chrome, soalnya di Chrome sudah terpasang secara default fitur web-developer. Cara menggunakannya sangat praktis. Kita tinggal klik kanan di area yang ingin diketahui atau diedit kode HTML/CSS-nya, lalu klik ‘inspect-element’. Maka akan terbuka sebuah jendela setengah halaman yang berisi kode-kode HTML/CSS (yang bisa diedit).

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *