Ayo Donor Darah

Ayo Donor Darah Kawan

 

Ayo donor darah kawan-kawan, terutama yang di surabaya. Laporan bahwa stok darah di PMI surabaya menipis sangat memprihatinkan. Dengan stok darah yang sangat sedikit itu sungguh mengkuatirkan apalagi bila permintaan darah melonjak. Stok yang ada di PMI Surabaya saat ini kurang lebih:

Stok darah untuk darah lengkap berjumlah 81 kantong (20/8/2011)

golongan darah A sebanyak 4 kantong, B ada 8 kantong, AB ada 25 kantong dan O ada 44 kantong.

Stok Untuk sel darah merah  49 kantong (20/8/2011)

golongan darah A ada 5 kantong, B ada 21 kantong, golongan darah AB ada 7 kantong dan golongan darah O berjumlah 16 kantong.

Untuk Sel darah putih ada 165 Kantong

Dengan jumlah yang sangat minim itu untuk mencukupi kebutuhan masyarakat surabaya aja saya kira masih kurang. PMI surabaya berperan penting dalam penyediaan darah untuk masyarakat surabaya dan jawa timur umumnya. Semakin banyak stok darah yang ada maka semakin baik karena bisa digunakan untuk membantu pemenuhan kebutuhan darah di daerah lain diluar surabaya dan jawa timur. PMI sendiri sebenarnya sudah berusaha untuk menjaring pendonor sebanyak mungkin. Donor darah bisa dilakukan di kantor PMI yang buka 24 jam untuk pengambilan darah sampai dengan menyediakan mobil donor keliling dalam jumlah banyak yang setiap hari berkeliling. Sekali lagi PMI hanya memfasilitasi donor darah, sedangkan keputusan tetap di tangan kita masing-masing apakah ingin mendonorkan darah kita atau tidak.

Kesadaran Untuk Donor Darah

Perlu sebuah kesadaran pada masyarakat bahwa sekantong darah bisa menyelamatkan nyawa 1 orang manusia. Dengan 1 Kantong darah yang diambil dari darah kita artinya kita sudah bersedekah, beramal dan menabung pahala. Betapa bahagianya jika darah kita berarti untuk orang lain, betapa bahagianya jika 1 orang terselamatkan karena darah yang kita donorkan dengan ikhlas. Kita tidak pernah tau kejadian ke depan, bukan tidak mungkin saudara atau kerabat bahkan kita sendiri membutuhkan darah untuk transfusi. Bayangkan bila kejadian itu menimpa kita, disaat kita membutuhkan ternyata stok tidak ada.

Saya sendiri pernah mengalami itu ketika mama saya membutuhkan darah untuk sebuah operasi yang harus dilakukan segera mungkin dan saat itu udah jam 12 tengah malam. Stok darah di PMI tidak ada, Ketika ada pun itu harus diambil di PMI daerah lain. Tapi untungnya saat itu saya sudah melewati 3 bln dari donor terakhir saya sehingga darah saya memungkinkan untuk di ambil. Pengurusan di PMI juga dipermudah karena saya adalah pendonor aktif

Donor Darah? Siapa Takut…

Banyak orang merasa takut untuk mendonor. Takut dengan jarum suntik yang segede gaban, takut nanti pingsan, takut nanti lemas karena darahnya diambil dan lain lain. Kenyataan di lapangan, semua itu tidak terbukti. Proses pengambilan darah sangat ketat. Dari jumlah HB, Tekanan Darah sampai pada penyakit dan obat terakhir yang kita makan juga ditanyakan. Jangan berharap bisa mendonor darah jika salah satu proses itu ada yang tidak lolos. Hal ini dilakukan dengan ketat karena untuk menghindari resiko baik bagi pendonor maupun penerima. Batas waktu pendonoran juga ditentukan, minimal 3 bln dari tanggal terakhir kita mendonor.

Saya, Budiono dan Khucluk pernah ditolak untuk donor dikarenakan waktu yang diperbolehkan untuk mendonor lagi kurang 2 hari dari tanggal terakhir donor.

Kurang dari tanggal yang ditetapkan itu maka kita tidak diijinkan untuk mendonor. Alasannya adalah bahwa HB darah belum memenuhi target untuk didonorkan. JIka dipaksakan akan beresiko kepada si pendonor. Tentang Penusukan Jarum ke lengan dengan jarum sebesar isi pulpen itu memang kelihatan menyakitkan, kenyataannya perawat di PMI surabaya patut saya acungi 4 jempol. Mereka sangat ahli sampai-sampai ketika jarum itu ditusukkan, rasa sakit yang dirasakan hampir2 tidak terasa. Saya tidak lebay, tapi ini yang saya rasakan selama saya menjadi pendonor aktif di PMI surabaya. Donor Darah bukanlah proses yang menyakitkan.

Ayo Donor Darah Untuk Kemanusiaan

Jadi kenapa takut untuk mendonorkan darahnya? Segeralah ke PMI dan jangan takut untuk bertanya hal2 yang kita tidak tau dan pingin tau. Tidak ada kerugian saat kita mendonor, tapi banyak keuntungan yang kita dapat ketika menjadi pendonor. Yang pasti kita terima adalah pahala untuk tabungan di dunia akhirat. Ayo Kita Donor Darah Mulai Sekarang.




11 thoughts on “Ayo Donor Darah

  1. Andy

    Tapi jangan sembarang jga donor darah,karena hanya darah yang bersih & bebas penyakit kronis yang bisa mendonor darah di PMI
    Mindset masyarakat indonesia masih sangat primitif dengan masalah donor darah sehingga jarang yang mau mendonorkan darahnya

    Reply
    1. mbah sangkil Post author

      PMI punya prosedur pengecekan darah. Makanya seblum donor kita disuruh mengisi formulir tentang rekam jejak penyakit kita 3 bln terakhir. Darah yang sudah disedot juga da prosedur pengecekan, bila ada penyakit pendonor akan dikirimkan surat pemberitahuan dan darah itu tidak akan dipake. jadi darah yang sudah benar2 bersih yang bisa diberikan kepada pengguna.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *