Domain Baru .NGO Akan di Release 2012

Pengelola Domain Baru .NGO

Domain baru .NGO akan di luncurkan pada awal tahun 2012. Top Level Domain ini akan segera menyusul seniornya seperti .COM, .ORG, .NET dll. Domain baru .NGO ini diusulkan oleh para LSM sedunia dan akan menjadi domain ekslusif untuk LSM lokal dan global untuk organisasi non pemerintah. Dengan adanya domain baru .NGO ini diharapkan LSM dapat memanfaatkannya serta membedakan secara jelas mana domain NGO dan mana domain bukan NGO. Dengan adanya pengelompokan ini tentunya LSM dapat dengan mudah menyampaikan misi dan visi serta program kerja mereka. .NGO ini dipegang langsung oleh PIR yang dikenal sebagai pengelola domain .ORG.

Alasan Domain Baru .NGO dikelola Oleh PIR

Public Interest Registry atau PIR sendiri sudah perpengalaman dalam mengelola top level domain non profit. Saat Ini PIR adalah pengelola domain .ORG dan telah melayani komunitas non profit seluruh dunia lebih dari 25 tahun. Saat ini PIR mengawasi sekitar 10jt pengguna. Dengan tingkat keamanan maksimum tentunya akan menciptakan rasa aman dikalangan pengguna.

Kenapa Memilih Domain Baru .NGO

Selama ini organisasi memiliki domain sendiri yaitu .ORG. Masalah yang muncul adalah identifikasi general antara non profit dan profit organisasi non pemerintah. Susah bagi orang awam membedakan mana yang non profit dan mana yang profit. Dengan adanya domain baru .NGO ini diharapkan organisasi non pemerintah non profit dapat menunjukkan jati dirinya. Dengan begitu mereka akan terbantu paling tidak masyarakat dapat melihat hanya dengan nama domainnya apakah organisasi itu non profit atau profit, apakah mereka organisasi pemerintah atau non pemerintah. Dengan mereka menggunakan domain .NGO mereka akan sangat mudah menyebarkan gerakan mereka, paling tidak mendapat kepercayaan bahwa mereka bergerak bukan karena sebuah keuntungan dan bukan karena pemerintah tapi memang program sosial untuk masyarakat.

Cara mendapatkan domain baru .NGO

Untuk mendapatkan .NGO ini tidaklah gampang, paling tidak pendaftar nantinya akan dikenakan syarat-syarat yang menunjukkan bahwa dia adalah memang organisasi non pemerintah (Non-Govermental organization). Prosedur dan tata cara pendaftaran tentunya akan melalui proses verifikasi. Hal ini dilakukan untuk menghindari penyalahgunaan domain .NGO itu. Buat organisasi non profit dan non pemerintah sudah sudah saatnya menunjukkan jati diri dengan menggunakan domain baru .NGO .




11 thoughts on “Domain Baru .NGO Akan di Release 2012

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *