Yang Harus Diperhatikan Bila Membeli Kamera Digital

Syarat Membeli Kamera Digital

Membeli kamera digital baik DSLR maupun poket harus mempertimbangkan banyak hal. Ini harus kita lakukan karena varian kamera digital ini sangat banyak, dan dengan pertimbangan itu kita bertujuan mendapatkan harga yang terbaik dan spesifikasi yang kita butuhkan. Membeli kamera digital harus benar-benar sesuai dengan kebutuhan kita baik itu fungsi, spesifikasi dan harga.

Membeli kamera digital untuk apa?

Hal pertama yang harus kita tau adalah alasan kenapa kita ingin membeli kamera digital. Ini hal utama karena berhubungan dengan budget atau biaya.

  • Jika kita hanya membutuhkan kamera untuk mengambil foto seadanya dalam arti untuk kegiatan sehari2 tanpa mempertimbangkan kualitas, cukuplah kita membeli kamera poket. Dengan kamera poket kita bisa mengambil gambar dengan kualitas luamayan dan bentuknya kecil. Tidak perlu ribet dengan segala macam settingan, kalopun harus menyetting biasanya hanya settingan sederhana. Kamera poket juga tidak membebani kantong karena harganya cukup terjangkau dengan kualitas hasil foto yang lumayan.
  • Jika kita membutuhkan hasil gambar yang berkualitas layaknya profesional, kita membutuhkan digital camera tipe DSLR. Dengan DSLR kita bisa membuat sebuah pilihan settingan sesuai dengan kemauan kita. Kita bisa menciptakan sebuah hasil foto yang benar2 berkualitas karena DSLR memang diciptakan untuk kondisi “kesempurnaan”. Sayangnya untuk memiliki sebuah DSLR kita membutuhkan budget yang lumayan banyak. Perlu adanya tambahan perangkat untuk menghasilkan gambar yang sesuai dengan keinginan kita. Lensa, flash, battery grip, tas dan lain2 adalah perangkat tambahan untuk sebuah DSLR.

Melihat Spesifikasi Dalam Membeli kamera Digital

hal berikutnya yang perlu kita tau adalah spesifikasi dari kamera digital yang akan kita beli. Usahakan dengan budget yang kita punyai kita membeli kamera digital dengan spesifikasi yang maksimal. Apa saja spesifikasi yang wajib ada pada sebuah kamera digital khususnya dslr?

Resolusi
Usahakan mendapatkan kamera digital dengan resolusi paling besar yang kita bisa. Semakin besar resolusi maka kualitas gambar akan semakin bagus.

fitur pendukung

Kemampuan dalam menyimpan gambar dalam hal ini memori. Seberapa besar kapasitas memori? apakah bisa di tambah? yang paling bagus adalah jika kemampuan penyimpanan sangat besar dan bisa ditambah.

Jika suka merekam gambar bergerak atau video, cari kamera yang menyediakan fitur perekaman video.

kemampuan zoom juga harus diperhatikan, karena hasil gambar hanya bsia dilihat pada layar LCD. Untuk melihat detilnya sangat sulit tanpa bantuan zoom

Lampu kilat (flash)
Hampir semua kamera digital mempunyai kemampuan flash. Yang membedakan adalah kemampuan tiap2 kamera digital berbeda2, seberapa besar kemampuan kamera menangkap gambar di ruang gelap ini yang membedakan. Fitur red eyes juga harus ada, karena jika memotret manusia dengan flash biasanya ada titik merah pada mata dalam hasil pemotretannya. Fitur red eyes ini digunakan untuk mereduksi efek mata merah tersebut.

Layar LCD
layar LCD sangat penting, semakin besar resolusinya semakin bagus karena akan bisa melihat hasil gambar dengan warna yang mendekati aslinya. Pilih juga layar yang terang dan bagus.

Daya tahan baterai

Pilih kamera dengan battery yang Ah nya besar karena semakin besar maka battery ini akan semakin awet digunakan. Pilih pula yang bisa di charge ulang.

Koneksi
ini juga vital, karena digunakan untuk memindahkan hasil poto. Tanpa koneksi seperti usb maka kita akan kerepotan memindahkan hasil gambar ke komputer atau laptop

Membandingkan harga sebelum membeli kamera digital

Dengan semakin maraknya internet, semakin banyak pula toko online yang menjual kamera digital. Hal ini tentu sangat menguntungkan bagi kita para pembeli karena kita dengan mudah dapat membandingkan harga kamera DSLR maupun poket. Dengan toko jual beli online seperti berniaga.com ini kita bisa memilih lokasi toko atau penjual yang terdekat dengan kita. Selain toko online ada pula iklan online dimana banyak penjual perseorangan menawarkan dagangannya disana. Semakin mudah kita untuk membandingkan harga dengan hadirnya banyak pengiklan online ini. Tentunya membeli kamera digital akan menjadi sangat mudah.




2 thoughts on “Yang Harus Diperhatikan Bila Membeli Kamera Digital

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *