Menjadi Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia

Hajatan Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia

Dalam webnya Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia sudah di agendakan acara besar yang akan dilaksanakan pada bulan oktober ini. Bertempat di The Suncity convention hall, sidoarjo pada tanggal 28 -31 oktober 2011 puncak dari hajatan besar ini.

Seperti apa sih peta dunia perbloggingan indonesia? saya pernah menulis disini bahwa pada dasarnya peta blogger di indonesia ada 3 golongan besar. Golongan pertama adalah golongan blogger pencari uang, golongan kedua adalah blogger dengan idealisme bahwa menulis adalah salah satu cara untuk menyampaikan buah pikiran mereka. Golongan ke 3 adalah blogger pemula yang belum dan masih bingung tujuan utama mereka nge-blog.

Saya masih ingat beberapa tahun lalu pernah terjadi ketegangan antara 2 golongan besar ini yaitu golongan pertama dan kedua. Satu sama lain saling menghujat dan menuding, saling membela diri bahwa golongan merekalah yang paling benar. Padahal kalo dipikir-pikir sepertinya konyol juga, lha wong nge-blog kan terserah yang punya blog, mau diisi mau gak diisi kan juga suka-suka yang punya blog.

Tapi pada perkembangannya saat ini, ternyata nge-blog itu sebenarnya lebih simple dari sekedar sebuah idealisme yang dipaksakan. Kalo kita mau berpikir positip blog itu seperti rumah yang tiap ruangannya bisa kita isi sesuatu yang berbeda. Blog bisa dibentuk menjadi ruang-ruang yang bisa mengakomodir apapun yang kita inginkan. Dari idealisme menulis sampai dengan menjadi blogpreneurship. Inilah bentuk berikutnya dari blogging, yaitu menjadi blogpreneur yang mana keinginan menulis tetap dapat dilaksanakan sekaligus  menghasilkan dalam bentuk materi.

Menuju Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia

Jika berbicara tentang blogpreneur, banyak dari kita yang tidak mengerti.  Saya sendiri sebenarnya juga tidak mengerti secara keilmuan apa itu blogpreneur, yang saya tau blogpreneur arti luasnya adalah ber-usaha atau berwiraswasta untuk mendapatkan hasil berupa materi dengan menggunakan media blog. Biasanya materi yang didapat oleh blogpreneur adalah uang, walau kadang bisa juga berupa barang.  Manfaat menjadi blogpreneur itu sangat besar, karena tak jarang penghasilan yang didapatkan tak terbayangkan sebelumnya. Selain materi menjadi seorang blogpreneur juga membuat kita dapat berkenalan dengan orang banyak, dapat membangun jaringan, dapat berbagi ilmu dan masih banyak lagi. Blogpreneur sejati adalah ketika kesuksesannya juga dapat dinikmati orang lain.

Bagaimana menjadi blogpreneur itu sendiri?

Ada 2 Faktor utama yaitu internal dan external.

Kunci utama INTERNAL

  • tidak malas dan konsisten update konten di blognya karena dalam hal ini yang kita “jual” adalah blog kita. Kendala terbesar yang dihadapi para blogger untuk menjadi blogpreneur adalah konsistenitas dalam memperbaharui konten blognya termasuk juga saya.
  • Kendala lain yang sering terjadi adalah duplikat konten atau kopi paste tulisan orang lain kemudian diakui menjadi tulisan kita. Hal ini sangat tidak boleh dilakukan karena sangat-sangat tidak disukai oleh google sebagai “petugas ketertiban”. Duplikat konten sangat beresiko, sangat membahayakan blog kita karena kita dapat terkena penalty yang mana blog kita masuk dalam area yang diasingkan dan dibuang dari index pencarian.
  • Original content atau konten asli. Ini masih ada kaitannya dengan duplikat konten. Kita diharapkan untuk bisa mengisi postingan blog kita dengan sesuatu yang asli buah pemikiran kita sendiri walau mungkin tema atau topik yang dibahas adalah topik yang populer. Google sangat menyukai karya asli yang sederhana daripada kopi paste karya orang lain yang terkenal dan hebat.
  • Masih banyak lagi hal-hal lain yang kalo dibahas disini gak akan ada habisnya. Tapi apa yang saya tulis di atas adalah pondasi secara internal untuk menjadi seorang blogpreneur

Kunci Utama Eksternal

  • Rajin-rajinlah mengunjungi blog orang lain. Kalo dulu blogwalking adalah untuk memperkuat Link ke blog kita, kalo skrg yang saya lihat blogwalking sudah lebih dari sekedar meninggalkan jejak. Blogwalking sudah menjadi sebuah usaha membangun sebuah jaringan antar blogger.
  • Menggunakan social media sebagai media promosi blog kita. Ingat dalam menggunakan sosial media ita harus bijaksana, jangan karena kita ingin orang lain datang berkunjung trus kita memborbardir linimasa dengan promo blog kita. Hal seperti ini malah akan menjadi senjata makan tuan yang mana orang akan merasa terganggu dan akhirnya malah antipati.
  • Banyak2lah membaca tentang blog dan perkembangannya. Dunia internet adalah dunia dimana hampir semua yang kita inginkan ada. Ilmu tentang blog dan blogpreneur bertebaran di jagad maya. Soal benar atau salah kembali lagi kepada kita dalam menilai.

Ada masalah besar yang selama ini menghalangi bahkan membuat para blogger kita patah semangat untuk menjadi seorang blogpreneur. Selama ini yang menjadi acuan bahkan tujuan seorang blogger menimba ilmu menjadi blogpreneur adalah sumber daya luar negeri seperti google adsense, bidvertiser, blogvertise dan lain lain. Ada sebuah kendala yang mendasar yang selalu membuat para blogger kita tersandung bahkan kehilangan semangat yaitu BAHASA. Banyak blogger yang tidak mahir bahasa asing terutama bahasa inggris padahal sumber2 itu mengharuskan bahasa inggris sebagai bahasa komunikasi.

Selain kendala bahasa, ketatnya aturan dan kurangnya pemahaman dalam mengimplementasikan aturan-aturan itu terkadang membuat para blogger juga kehilangan semangat. Belum lagi daya saing yang sangat hebat, perlu sebuah usaha yang benar2 lebih untuk dapat bersaing disana. Tapi kalo dilihat dan diamati banyak juga lho blogger indonesia yang mampu bersaing di dalamnya, bahkan tak sedikit yang sekarang menjadi blogpreneur sukses.

masih kurangnya sumber daya lokal yang berani bersaing dengan sumber daya asing. Dalam dunia blogpreneur bisa dihitung dengan jari sumberdaya lokal yang sudah berani bersaing dengan sumber daya asing.

Angin Segar Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia

masyarakat blogger indonesia seolah mendapat angin segar ketika blogger nusantara muncul. Selain menjadi ajang kopdar blogger seluruh nusantara, Angin segarnya adalah “paguyuban” para blogger ini tidak hanya tempat ajang dan kumpul2 para blogger, tapi menjadi tempat para blogpreneur yang sudah sukses berbaur dengan blogpreneur pemula dimana mereka berkumpul untuk saling berbagi, saling membantu, dan saling mengajarkan bagaimana menjadi blogpreneur sesungguhnya. Dan yang lebih menyegarkan lagi adalah didalam blogger nusantara blogpreneur indonesia para blogger dipertemukan dengan para advertiser bahkan “pemberi” kerjaan yang tentunya tidak mensyaratkan bahasa inggris sebagai bahasa utamanya. Dengan adanya blogger nusantara blogpreneur indonesia artinya daya saing dan kompetisi blogpreneur kita makin teruji dan terasah, dengan bahasa sederhananya mencari rupiah di negeri sendiri.

harapan pada blogger nusantara blogpreneur indonesia

Kita semua yang terlibat di dalam blogger nusantara blogpreneur indonesia bisa dibilang mempunyai harapan yang sama kedepannya bahwa blogger nusantara blogpreneur indonesia menjadi ujung tombak blogpreneur indonesia yang mana harus terus maju dan berkembang sehingga semakin banyak blogpreneur-blogpreneur baru akan bermunculan dari blogger nusantara ini. Dan dari blogger nusantara blogpreneur indonesia indonesia ini juga nantinya mereka akan mengembangkan dirinya untuk berbagi dan membantu blogpreneur2 pemula yang lain. Regenerasi ini akan terus tumbuh dan berkembang sehingga nantinya jaringan blogger nusantara blogpreneur indonesia akan semakin luas.

Akan lebih baik lagi bila nantinya blogger nusantara blogpreneur indonesia bisa mengembangkan diri sampai keluar dari lingkaran blogger nusantara. Menunggu bola tidak salah, tapi menjemput bola lebih baik lagi. Blogger nusantara nantinya tidak hanya menerima calon blogpreneur saja tapi kalo bisa menciptakan blogpreneur hebat untuk kedepannya. Caranya mungkin bisa dengan sosialisasi dan mengenalkan diri kepada masyarakat yang awam soal blog bahkan blogpreneur.  Saya yakin blogpreneur2 yang ada skrg hanya sebagian kecil dari potensi blogpreneur indonesia yang belum tersentuh.

maju terus dan sukses untuk blogger nusantara blogpreneur indonesia




9 thoughts on “Menjadi Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia

  1. Bukik

    Hoooo ada tiga golongan blogger?
    Ehm pencari uang? Mentingin traffic dan mengorbankan content internet buat masyarakat luas?
    Wah menyimak dulu saja…..

    Reply
  2. asti

    Maju terus blogs nusantara. Blogs merupakan kreasi anak bangsa yang turut memeriahkan dunia maya. Saling berbagi informasi dan menambah pengetahuan.

    Reply
  3. mubarika

    Dari ketiga golongan blogger tersebut, saya no.3; mudah2an pas kopdar nanti bisa ketemu blogpreneur2 hebat dari seluruh indonesia. Semoga beliau-beliau mau berbagi ilmu ^_^ amin.

    Reply
  4. Grafis 71

    saya dari grafis71.com menyatakan setuju dengan isi blog ini… dan semoga tutorial Hajatan Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia bisa bermanfaat bagi kita semua…

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *