Penyedia Layanan Internet Harus Ikut Bertanggung Jawab

Masih ingat ketika masyarakat melakukan class action kepada pabrik rokok karena dapat menyebabkan gangguan kesehatan? Penggugat melakukan ini karena pabrik rokok tidak memberikan peringatan bahwa merokok dapat menggangu kesehatan. Trus apa hubungannya sama internet?

Saya setiap pagi selalu membaca koran dan hampir setiap hari juga ada promo tentang layanan murah dari penyedia layanan internet. Dari layanan telp gratis, sms gratis sampai dengan internet murah dan terkadang gratis dengan kemampuan broadband dan katanya paling cepat. Tapi dari semua iklan tersebut, saya tidak menemukan himbauan atau acuan tentang penggunaan internet khususnya secara sehat dan etika berinternet. Para penyedia layanan ini hanya berlomba-lomba untuk mengeruk keuntungan sebanyak-banyaknya tetapi tidak memikirkan dampak negatif dari apa yang mereka sediakan.

Sama seperti Kasus Rokok di atas, penyedia layanan harus juga memberikan arahan atau himbauan bagaimana menggunakan internet secara sehat yang bermanfaat dan beretika online. Mereka boleh saja memasyarakatkan internet secara massal dengan murah dgn harga terjangkau, tapi mereka juga harus mengajarkan dan memberi arahan kepada masyarakat bagaimana seharusnya menggunakan internet itu secara baik dan benar. Penyedia layanan harus mempunyai andil dalam menyadarkan masyarakat bahwa internet adalah sebuah dunia dimana baik dan buruk dapat diakses dengan mudah. Penyedia layanan tidak bisa serta merta melepas tanggung jawab kepada pengguna bila ada yang “tersesat”.

Selama ini yang kita tau ada beberapa penyedia layanan yang bekerjasama dengan berbagai macam organisasi yang bergerak di dunia internet. Organisasi inilah yang biasanya memberikan pengarahan dan bimbingan bagaimana cara berinternet yang sehat dan etika dalam dunia online khususnya sosial media. Tapi menurut saya hal ini belum cukup, masih banyak masyarakat yang belum terjangkau oleh organisasi ini. Masih banyak masyarakat yang di ajak untuk menggunakan internet yang cepat, murah terkadang gratis untuk memasuki dunia maya. Pada Kenyataannya mereka tidak dibekali apapun untuk masuk kedalamnya, mereka hanya diberi diberi iming2 kenikmatan tanpa di beritau efek negatif dan akibatnya bila mereka “salah jalan” di dunia maya tersebut.

Oleh sebab itu, hal dasar untuk menyadarkan masyarakat dalam menggunakan internet yang sehat harus dimulai dari penyedia layanan. Penyedia layanan harus jujur dan terbuka dalam memasarkan layanan mereka. Jangan hanya iming2 sebuah kenikmatan akses berselancar dan video streaming dengan cepat, tapi beritau juga hal2 negatif yang akan ditemui dalam berselancar dan menggunakan internet. Penyedia layanan harus memberi himbauan bahkan kalo perlu sebuah peringatan agar pengguna tau resiko apa yang akan mereka hadapi jika mereka mengabaikan itu.

Terakhir saya dan kawan-kawan berharap pada suatu hari iklan penyedia layanan internet dan kemasannya mencantumkan:

Membuka/membuat negatif konten dapat berurusan dengan aparat penegak hukum. Gunakanlah internet dengan bijak dan bertanggung jawab




5 thoughts on “Penyedia Layanan Internet Harus Ikut Bertanggung Jawab

  1. Iman

    Mampir perdana di sini MbahSangkil, salam kenal dari saya.

    Himbauan ini idealnya memang dicantumkan, namun sehebat apa pun himbauan (melirik ke kasus rokok), jika kesadaran dalam diri masing-masing pengguna internet masih rendah tidak akan membawa pengaruh apa pun.

    Nice share mbah 🙂

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *