Ponsel Lokal dan Persaingan Di Tahun 2012

Ponsel lokal Tahun 2011

Tahun 2011 bisa dibilang menjadi Tahunnya ponsel lokal. Ratusan merek ponsel lokal beredar di pasaran. Dengan tawaran harga murah dan fitur bersaing, ponsel2 lokal ini laris manis bak kacang goreng. Dengan fitur kamera, pemutar video, sosial media dan keyboard yang sudah qwerty mampu menarik minat masyarakat. Harga murah juga menjadi daya tarik yg sangat besar bagi masyarakat.

Sistem operasi android tak bisa dipungkiri juga membuat ponsel lokal booming di tahun 2011. Banyak vendor ponsel lokal yg juga membenamkan sistem operasi android + wifi dan bundling dengan paket internetnya.

Ponsel Lokal Tahun 2012

Ponsel Lokal Tahun 2012 kemungkinan tidak akan booming seperti tahun 2010 dan 2011. Hal ini dikarenakan masyarakat sudah mulai melirik fitur yg lebih tinggi. Spesifikasi juga menjadi salah satu hal yg diinginkan oleh pembeli ponsel lokal. Kalo selama ini ponsel lokal selalu bermain di harga yg murah, dengan tuntutan masyarakat yg menginginkan ponsel dengan spesifikasi dan fitur yg lebih tinggi tentunya akan sangat sulit untuk menjual lagi dengan harga murah. Keadaan ini diperparah lagi dengan vendor besar yg sudah mulai menjual ponsel dengan fitur dan spesifikasi yg lebih baik tapi dengan harga murah. Sebut saja samsung dengan galaxy Y nya, belum lagi LG optimus dan beberapa merek lain.

Apakah 2012 Ponsel lokal akan mati? tentu tidak, beberapa merek masih bisa bersaing dengan merek besar sebut saja nexian. Dengan fitur dan spesifikasi tinggi nexian masih bisa menjual dengan harga yg murah. Tapi memang keadaan ini membuat berat vendor ponsel lokal untuk bersaing bahkan kemungkinan besar tahun 2012 akan banyak merek ponsel lokal akan hilang dari pasaran.

Ponsel Lokal dan masyarakat

Ponsel lokal masih tetap mempunyai pasar, terutama masyarakat yg tidak membutuhkan tehnologi tinggi. Masyarakat dengan pemahaman ala kadarnya akan tetap menjadi pasar yg potensial untuk ponsel lokal dalam hal ini sebut saja menengah ke bawah. Saya pesimis walau pasar ponsel lokal berat, tapi harapan untuk keluarnya produk2 ponsel lokal murah dengan spesifikasi yg mumpuni masih tetap ada. Paling tidak hal ini dapat mengurangi monopoli ponsel terutama ponsel pintar oleh kalangan vendor papan atas.




8 thoughts on “Ponsel Lokal dan Persaingan Di Tahun 2012

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *